Daftar Haji di 2023, Akan Berangkat Antara 11 - 47 Tahun

Redaksi

Voice Netizen - Calon Jamaah haji di Indonesia harus bersabar menunggu antrean hingga puluhan tahun. Berdasarkan data terbaru, daftar tunggu haji atau waiting list haji Indonesia jika mendaftar tahun 2023 ini diperkirakan akan diberangkatkan antara 11 tahun sampai 47 tahun.


Daftar tunggu haji ini berbeda-beda tergantung daerah tempat calon haji mendaftar. Terdapat 24 provinsi yang menggunakan kuota provinsi dan 128 kota/kabupaten yang menggunakan kuota kota/kabupaten.


Faktor-faktor yang mempengaruhi lamanya waktu tunggu keberangkatan antara lain jumlah pendaftar dan kuota tiap provinsi atau kota/kabupaten. Semakin banyak pendaftar, maka akan semakin lama waktu tunggu yang diperlukan.


Saat ini, daerah dengan waktu tunggu paling singkat adalah Kabupaten Maluku Barat Daya dengan lama 11 tahun. Sedangkan waktu tunggu terlama adalah Kabupaten Bantaeng dengan lama 47 tahun.


Selain faktor jumlah pendaftar dan kuota, kebijakan pemerintah juga dapat mempengaruhi waktu tunggu keberangkatan haji. Misalnya, selama pandemi COVID-19, pemerintah RI dan Arab Saudi memberlakukan pembatasan dan pengurangan kuota haji. Kebijakan semacam ini juga dapat memperlama waktu tunggu keberangkatan haji.


Untuk mengecek daftar tunggu haji, kamu dapat mengunjungi website Kementerian Agama (Kemenag) di haji.kemenag.go.id. Kemudian pilih menu "Basis Data" dan klik "Waiting List". Atau kamu juga dapat langsung mengakses https://haji.kemenag.go.id/v4/waiting-list untuk menu daftar tunggu haji.


Setelah itu, akan muncul tabel dengan beberapa kolom, termasuk wilayah, kuota, tahun, porsi terakhir, jumlah pendaftar, dan lunas tunda. Kamu tinggal mencari provinsi atau kota/kabupaten tempat kamu mendaftar.


Sebagai contoh, jika kamu tinggal di Solo dan menggunakan kuota provinsi, maka cari provinsi Jawa Tengah dalam tabel. Berdasarkan data yang diakses pada 26 Mei 2023, jika kamu mendaftar sekarang, diperkirakan kamu akan berangkat dalam waktu 31 tahun. Angka tersebut diperoleh dari jumlah pendaftar sebanyak 883.171 orang dibagi dengan kuota sebanyak 28.494 orang.


Contoh lain, jika kamu mendaftar dari Kota Ambon, diperkirakan kamu akan berangkat dalam waktu 15 tahun. Angka ini diperoleh dari jumlah pendaftar sebanyak 4.891 orang dibagi dengan kuota sebanyak 346 orang.


Demikianlah informasi mengenai daftar tunggu haji terbaru untuk tahun 2023.

Tags