Jemaah Haji Indonesia di Minta Tetap Waspada di Tengah Cuaca Ekstream

Redaksi

Voice Netizen - Belakangan ini, suhu di Mekah, Arab Saudi, mencapai 41 derajat Celsius pada Selasa (30/5) pukul 10.00 waktu setempat. Suhu panas yang tinggi ini mengkhawatirkan jemaah haji dari Indonesia.


Menurut laporan dari Arabia Weather, suhu di Mekah hari ini mencapai 41 derajat Celsius. Pada malam hari, suhu diprediksi mencapai 29 derajat Celsius. Situs tersebut juga menyebutkan bahwa cuacanya cenderung cerah, namun ada kemungkinan hujan disertai badai petir pada sore hari.


Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Liliek Marhaendro Susilo, sebelumnya telah mengimbau jemaah haji asal Indonesia untuk berhati-hati, terutama bagi para lansia. Ia menyarankan agar para jemaah, khususnya lansia, menjaga kesehatan mereka dan menghindari aktivitas di luar ruangan. Pada konferensi pers yang diadakan di kompleks Asrama Haji Pondok Gede pada tanggal 25 Mei, Liliek juga menyampaikan bahwa kondisi cuaca di Madinah saat ini sangat panas dengan suhu mencapai 40 derajat Celsius.


Selain gelombang panas, pihak berwenang di Arab Saudi juga telah memperingatkan tentang kemungkinan terjadinya hujan lebat dan badai di beberapa wilayah negara tersebut. Direktur Jenderal Pertahanan Sipil juga menyarankan jemaah untuk berhati-hati menghadapi cuaca yang ekstrem ini.


Dengan demikian, jemaah haji yang berada di Mekah perlu mengambil tindakan pencegahan dan menjaga kesehatan mereka dengan baik mengingat suhu yang tinggi dan kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem di Arab Saudi.

Tags