Keren, Jakarta Terpilih Best In Travel 2024 Versi Lonely Planet

Redaksi
 


Voice Netizen - 

Jakarta terpilih sebagai salah satu destinasi terbaik untuk traveling di tahun 2024. Bahkan, Jakarta mengungguli kota cantik seperti Praha dalam urutannya.


Dalam merayakan ulang tahun ke-50, Lonely Planet merilis 50 daftar destinasi terbaik untuk traveling. 50 destinasi tersebut terbagi menjadi lima kategori yakni berkelanjutan, value, kota, negara, dan wilayah.


Menariknya, Jakarta terpilih dalam kategori 10 kota best in travel 2024. Selain itu, dalam daftar tersebut terdapat ibu kota Kenya, Nairobi yang menjadi urutan pertama dan kota tujuan wisata populer seperti Paris di urutan kedua.


Berikut ini list 10 kota Best in Travel 2024 menurut Lonely Planet:


  1. Nairobi, Kenya
  2. Paris, Prancis
  3. Montreal, Kanada
  4. Mostar, Bosnia
  5. Philadelphia, Amerika Serikat
  6. Manaus, Brazil
  7. Jakarta, Indonesia
  8. Praha, Republik Ceko
  9. Izmir, Turki
  10. Kansas City, Missouri


Lonely Planet dalam websitenya menyebut bahwa Jakarta cocok menjadi tempat singgah bagi para pelancong yang ingin menjelajahi hutan hujan tropis, maupun pulau terpencil di Indonesia. Mereka juga menyebut Jakarta masih menjadi tempat nyaman untuk menikmati kota di Indonesia sebelum berpetualang lebih jauh.


"Ibu kota Indonesia, yang akan segera pindah ini, telah lama menjadi tempat persinggahan bagi para turis internasional yang ingin menjelajahi hutan hujan tropis dan pulau-pulau terpencil di Indonesia," tulis mereka.


"Pada 2022, pemerintah mengumumkan bahwa ibu kota akan pindah ke tempat baru, karena banjir yang berulang kali terjadi di Jakarta dan kemacetan yang menjengkelkan. Kota kosmopolitan ini masih menjadi tempat untuk menikmati kenyamanan kota sebelum menjelajahi pelosok-pelosok negeri. Rasakan pengalaman kota metropolitan yang dinamis ini sebelum berubah," keterangan ditambahkan.


Lonely Planet juga memberikan beberapa daftar aktivitas yang dapat dilakukan di Jakarta. Pertama, mereka menyarankan traveler menikmati jalan kaki di sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin. Kedua, mereka menyarankan traveler menaiki puncak Monas setinggi 132 meter untuk menikmati pemandangan cakrawala Jakarta.


Ketiga, traveler bisa berkunjung ke Museum Wayang, yang menyimpan koleksi wayang kulit otentik. Terakhir, mereka menyarankan traveler berkunjung ke Museum Layang-layang untuk mencari layangan raksasa.


"Pilihan kami untuk tahun ini berusaha untuk menginspirasi sekaligus mengikuti naluri para pelancong pada 2024," kata editor eksekutif Lonely Planet, Nitya Chambers, dikutip dari Independent, Kamis (26/10/2023).


"Best in Travel adalah jantung dan jiwa dari inspirasi perjalanan Lonely Planet, yang menjawab antusiasme para pelancong yang ingin menjelajahi dunia dengan cara yang otentik, dipandu oleh pemandu lokal, dan memiliki nilai-nilai keberlanjutan pada intinya," Chambers menambahkan.


Tags